Apa itu Software ERP? Pengertian dan Keuntungannya

Teknologi digital yang terus melesat mendorong lahirnya berbagai inovasi salah satunya adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Sesuatu yang bisa mengiringi kemajuan bagi pebisnis manapun. Termasuk mungkin Anda disini yang mulai bertanya tentang apa itu Software ERP.

Bisnis manapun tak akan bisa berjalan dengan baik kalau pengelolaannya berantakan. Setiap sumber daya yang ada harus dikelola secara optimal ketika benar-benar ingin mendapatkan hasil yang telah ditargetkan. Bahkan setiap keputusan yang diambil pun harus didasarkan pada perhitungan yang matang, tidak bisa hanya bermodal spekulasi, karena kelangsungan bisnis yang dipertaruhkan.

Kabar baiknya adalah ERP lahir dan siap membantu kesulitan tersebut. Mungkin anda masih belum memahami apa itu software erp. Nah jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang apa itu Software ERP, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian ERP

Enterprise Resource Planning adalah sebuah sistem yang dirancang secara khusus untuk membantu perusahaan mengelola bisnis mereka seperti pengelolaan produksi, keuangan, distribusi, project managemet dan sumber daya manusia. Aplikasi ini akan mengintegrasikan semua pengelolaan tersebut menjadi satu, sehingga setiap informasi maupun data bisa didapatkan dalam waktu lebih singkat.

Setiap bagian dalam perusahaan, baik itu distribusi, keuangan, hingga sumber daya manusia bisa dipantau oleh orang yang bertanggung jawab oleh hal tersebut ( Manajer, Supervisor, atasan dll) dengan lebih mudah ketika menggunakan ERP. Controlling tak lagi rumit dan menghabiskan banyak waktu. Semua data itu juga bisa langsung dimanfaatkan oleh berbagai divisi dalam perusahaan, mulai dari bagian produksi hingga marketing.

Baca Juga : Software Distribusi dan Inventroy Terbaik Saat ini

Perkembangan Software ERP

Sebenarnya konsep aplikasi ini sudah ada sejak tahun 1960-an, tapi istilah ERP baru lahir di tahun 1990 oleh Gartner Group. Tahun 1970 masih menggunakan istilah MRP (Material Requirements Planning), kemudian menjadi MRP-II pada tahun 1980-an. Mulai disebut ERP setelah aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi back-office lainnya seperti manajemen proyek, SDM, keuangan dan selainnya.

Jauh sebelum ini, jangkauan ERP hanya sebatas pada area back-office. Aplikasi ini hanya bisa dimanfaatkan untuk memudahkan bagian keuangan, pengadaan bahan baku, perawatan, kepegawaian hingga penjualan. Tapi kemudian banyak berkembang setelah bagian front-office seperti Customer Relationship Management dan internet juga ikut diintegrasikan.

Perusahaan semakin dipermudah untuk bisa menjangkau bagian-bagian vital dalam perusahaannya. Hubungan antara para SDM perusahaan pun menjadi lebih solid karena kolaborasinya bisa berjalan dengan baik. Termasuk hingga hubungan perusahaan dengan relasi bisnis pun menjadi lebih praktis.

Keuntungan Menggunakan Software ERP

International Data Corporation memperkirakan angka penggunaan layanan Cloud Computing oleh perusahaan mencapai $150 miliar. Angka itu terus meningkat secara signifikan tiap tahunnya. Bahkan dari tahun 2017 meningkat sebesar 23% pada tahun 2018.

Semakin banyak para pemilik bisnis yang sadar bahwa teknologi cloud computing bisa membantu memusatkan data dan akhirnya memudahkan pekerjaan mereka. Mendapatkan data terupdate pada bagian tertentu tidak lagi harus menunggu, karena hanya dengan mengakses server, manajer bisa mendapatkan setiap informasi yang diperlukan.

Hal itu pula yang sudah diadopsi oleh Software ERP saat ini, oleh karena itu ERP bisa memberikan beberapa keuntungan berikut ini :

1. Biaya Operasional Lebih Efisien

Ketika sebelumnya biaya operasional perlu dialokasikan cukup besar, ERP membuatnya jadi jauh lebih efisien. Dengan teknologi cloud didalam software ERP akan membuat beberapa aktivitas operasional manual diubah menjadi lebih cepat dan praktis. Lead time pun semakin sedikit karena pekerjaan bisa diselesaikan dalam waktu lebih singkat.

2. Menjadikan Departemen Kerja lebih Solid

Sering sekali hubungan antar departemen berjalan kurang harmonis karena seperti terdapat dinding diantara mereka. Masing-masing bersifat ekslusif karena setiap bagian pun hanya bisa mengakses informasi tentang divisinya. Semuanya berubah ketika Software ERP mengintegrasikan seluruh informasi perusahaan, masing-masing departemen menjadi lebih terbuka.

3. Keamanan Lebih Bagus

Salah satu yang menjadi kekhawatiran dari setiap pemilik bisnis adalah data strategis perusahaannya hilang atau dicuri. Wajar, karena dengan hal itu, bisnisnya bisa dikalahkan atau hancur dalam sekejap. Tapi tak ada masalah seperti itu lagi ketika menggunakan ERP.

Software ini dilengkapi dengan fitur firewall, sehingga peluang untuk terjadinya pembobolan atau penyalahgunaan bisa jauh lebih kecil. Data yang terpusat pada akhirnya juga memudahkan pengamanan dibanding ketika data masih terpisah-pisah. Pembatasan akses pun bisa diatur dengan fleksibel, sehingga sistem informasi bisa berjalan sesuai tingkatannya.

4. Meningkatnya Efisensi dan Produktifitas

Dengan Hadirnya ERP Software akan membuat setiap aktivitas harian seperti proses distribusi, pengiriman, manajemen keuangan menjadi lebih efektif. Contohnya adalah ketika ingin melakukan pencarian barang dapat dilakukan dalam waktu hitungan detik sehingga barang bisa segera dilakukan pengepakan dan mengirimnya ke customer dengan waktu yang lebih cepat

Tidak mengherankan jika dulunya ERP lebih banyak digunakan dalam industri manufaktur, sekarang juga dimanfaatkan oleh sektor lain. Mulai dari perusahaan jasa, ritel, real estate, kuliner hingga pendidikan juga semakin banyak yang menggunakan ERP. Karena semakin banyak manajer yang menyadari berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari aplikasi satu ini.

Jadi, pebisnis manapun termasuk Anda, entah yang mengelola perusahaan besar ataupun menengah, bisa mendapatkan progress bisnis dengan aplikasi cerdas ini. Software ERP akan membantu setiap kebutuhan pengelolaan, sehingga hal itu tak lagi sulit dan butuh waktu lama.

Software ERP Indonesia – RedERP

RedERP Menawarkan Software ERP yang mampu mengintegerasikan pengelolaan operasional bisnis menjadi otomatis mulai dari pengelolaan distribusi, project management, keuangan, suply chain management,  hingga manajemen pelanggan dan penjualan.

Segera ajukan ujicoba RedERP melalui tautan berikut ini https://www.lawencon.com/id/products/red-erp/ dan buktikan kecanggihan nya.

Dani M

Recent Posts

Manfaat ERP Software untuk Departemen IT Perusahaan

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, keberadaan Departemen IT menjadi sangat penting. Mereka bukan hanya menangani penggunaan dan perawatan…

5 months ago

Cari Aplikasi ERP? Berikut Tips Memilih Aplikasi ERP

Perkembangan teknologi digital, computing dan internet telah mengubah banyak hal, tak terkecuali ERP. Teknologi satu ini berhasil menciptakan aktivitas manajemen…

6 months ago